Atma Jaya

Home » Unit » Hasil Penelitian

Pengembangan Model Kompetensi yang Mendukung Sistem Pembelajaran Berbasis Kompetensi
PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI YANG MENDUKUNG SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI 

 

DI PERGURUAN TINGGI


Levi Nilawati, SE., M.Si (Peneliti Utama)

 

Andy Susilo Lukito, SE., M.Com (Peneliti Anggota)

 

Efendi, SE., M.Bus (Peneliti Anggota)

 
Abstrak
Kompetensi sebagai materi yang diperdagangkan dalam pasar tenaga kerja adalah topik terkini dalam bidang pengelolaan sumber daya manusia. Dengan demikian, informasi mengenai kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap desain kurikulum sebuah universitas agar lulusannya dapat bersaing di pasar tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kompetensi yang paling relevan dengan kebutuhan pasar saat ini dan membandingkannya dengan kurikulum yang ada di beberapa universitas.

Penelitian ini menggunakan tehnik sensus dalam pengumpulan datanya dan menyimpannya pada sebuah basis data yang didesain secara khusus. Sumber data kompetensi diambil dari iklan kebutuhan tenaga kerja di enam harian nasional selama dua bulan dan sumber data kurikulum diambil dari prodi manajemen di Unika Atmajaya. Berdasarkan hasil penelitian pada tahun pertama, tim peneliti telah melakukan proses desain data sampai dengan mengidentifikasikan adanya kecocokan antara kedua sumber data, dan hasilnya adalah dari 10 kompetensi yang sering muncul di koran untuk pekerjaan manajerial ditemukan adanya 6 kompetensi yang sesuai/terkandung juga di dalam matakuliah program studi manajemen, seperti interpersonnal skill, writen communication, personnal effectiveness, goa-orientation, teamwork, dan analytical problem solving.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi input yang berguna bagi pengembangan kurikulum di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi, sehingga dapat meningkatkan daya saing outputnya dalam menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja.


Kata kunci: soft competencies, lulusan perguruan tinggi, model kompetensi