Atma Jaya

Program Layar Desa

   

Unika Atma Jaya Jakarta melakukan program community development (comdev) untuk masyarakat Borobudur dan sekitarnya. Program pemberdayaan dengan tema Layar Desa: membaca Desa melalui multimedia. Program dikemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang diiringi dengan research. Pengabdian masyarakat dengan pelatihan yang ditujukan kepada para anak muda di lima Desa sasaran dan research dengan membekali mereka teknik dasar pengumpulan data yang digunakan untuk melengkapi data yang sudah dimiliki sebagai dasar melakukan berbagai kegiatan (baik sosial, ekonomi, maupun yang lainnya) di lingkungan desanya.

Desa sasaran meliputi Ngadiharjo - Tuksongo - Kenalan – Majaksingi  (Kecamatan Borobudur)  serta   Samigaluh (Kulon Progo). Setiap desa mengirimkan maksimal 4 pemuda/pemudi.

 

Sinergisitas internal Unika Atma Jaya  juga dilakukan yang melibatkan Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Pusat Kajian Bahasa dan Budaya (PKBB), Inovasi Teknologi Pembelajaran (ITP) dan Fakultas Psikologi. Tim pelaksana sebagai berikut:

No

Nama

Unit/Fakultas

1

  Dr. Dhevy Setya Wibawa, M.Si.

  Fakultas Psikologi

2

  Dr. Yanti

  PKBB/FPB

3

  Prof. Dr. Benedicta P. Dwi Riyanti

  Fakultas Psikologi

4

  Herman Y. Sutarno

  PPM

5

  Margaretha Dwi Susanti

  ITP -LIPP

6

  Rosabela

  PKBB

7

  Denisa Alika Fahira Wardhana

  S1 Psikologi – 201907000189

8

  Ranysya Latavia

  S1 Psikologi - 201907000257

9

  AM. Dwi Yunti Wibowo

  PPM


   

Kegiatan ini dilaksanakan berkolaborasi dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta, Kalbis Institute, Yayasan Atsanti  dan Benih Cetta Nusantara. Wujudnyata kolaborasi diantaranya adalah penyampaian materi di dalam pelatihan oleh Ibe Karyanto dan Mochamad Hasrul Indrabakti, S.Pd., M.Sn dari Kalbis Institute. Serta komitment pendampingan paska pelatihan akan dikawal oleh Susilo Adi Negoro, Ibe Karyanto, Mochamad Hasrul Indrabakti dan  Frans Friharno.

Pelatihan yang menggunakan pendekatan dan modul warga yang aktif (Active Citizens) dimulai tanggal 23 Juli sampai 26 Juli 2022 bertempat di Omah Mendut Magelang, Jawa Tengah. Pelatihan ini mencoba memperkenalkan teknik  menggali potensi desa dan pengemasan hasilnya dengan menitikberatkan pada 4 tools Active Citizen dari British Council, yaitu: (i) Me and My Identity, Culture; (ii) Me and You: Dialogue; (iii) Community Visit; and (iv) Planning for Social Action. Kemudian dilanjutan kunjungan ke Desa Samigaluh (konservasi air, konservasi tanaman, minuman dari buah MOJO) dan Desa Ngadiharjo (kerajinan tangan).





(Pusat Pemberdayaan Masyarakat / PPM)

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom