Atma Jaya

Workshop on Academic Writing

Workshop on Academic Writing for International Journal Publications: Strategies and Practices

29 Oktober, 1 November 2021

 

Publikasi ilmiah merupakan salah satu aktivitas utama dalam dunia akademik. Reputasi akademik seorang dosen ditentukan oleh jumlah dan kualitas publikasinya. Istilah ‘publish or perish’ merupakan istilah yang telah lama digunakan untuk menggambarkan tuntutan publikasi bagi para akademisi. Di Indonesia, melakukan penelitian dan memublikasikan hasil penelitian merupakan salah satu dari tiga pilar utama universitas. Kinerja dosen diukur dari publikasi yang dihasilkannya dan kinerja para dosen akan mempengaruhi kinerja prodi, fakultas dan universitas. Tak hanya dosen, para mahasiswa pascarsarjana pun diwajibkan untuk mempublikasikan penelitiannya sebelum lulus dari program mereka.

 

Dalam praktiknya, masih banyak dosen dan mahasiswa pascasarjana yang mengalami kesulitan untuk menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya di jurnal, terutama di jurnal internasional bereputasi. Tak jarang makalah ilmiah yang dikirim ke jurnal tidak lolos evaluasi awal dari tim editorial jurnal. Ada juga yang tidak lolos review karena artikel dianggap tidak ditulis dengan baik.

 

Dalam rangka merespons kebutuhan para dosen dan mahasiswa pascasarjana dalam mempublikasikan karya, Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Unika Atma Jaya pada tanggal 29 Oktober dan 1 November 2021 mengadakan workshop/pelatihan dengan tema Academic Writing for International Journal Publications: Strategies and Practices.

 

Pelatihan ini bertujuan untuk:

  1. Membekali para dosen dan mahasiswa dengan beberapa strategi dan hal-hal teknis terkait penulisan karya ilmiah yang dirangkai dalam 3 tema: a. Common issues in academic language, b. The review process, dan c. How to respond reviewer’s comments

 2. Membantu mereviu dan memberikan masukan terhadap makalah ilmiah para dosen dan mahasiswa sebelum dikirim ke jurnal.

3. Membantu mereviu makalah yang sudah direvisi berdasarkan komentar reviewer jurnal.

 

Mentor workshop:

Dr. Jan Wohlgemuth (Universitas Indonesia, DAAD)

Prof. Dr. Setiono Sugiharto

Dr. Nani Nurrachman

Dr. Katharina E. Sukamto

Dr. Vivitri Dewi Prasasty

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30  
bottom