Atma Jaya

Alumni Atma Jaya akan selalu memperjuangkan Pancasila dan NKRI

Alumni Atma Jaya akan selalu memperjuangkan Pancasila dan NKRI. Komitmen itu tersebut menjadi inti dari diskusi Alumni Atma Jaya di Jakarta. Komitmen tersebut muncul dari diskusi yang dilakukan oleh alumni Unika Atma Jaya pada hari Jum’at 21 Januari 2021.

 Menurut Bolean Silalahi (alumnus Fia 81) melihat ancaman intoleransi saat ini, alumni perlu menjadi pelopor gerakan mengangkat kembali nilai2 Pancasila dalam masyarakat, misalnya dengan menyuarakan nilai Pancasila di komunitas dan sosmed serta memperkenalkan kampung dimana masyarakatnya saat menjunjung tinggi nilai Pancasila. Ditambahkannya pula, generasi sekarang kurang memahami apa itu Pancasila yg menjadi modal bangsa kita dan akhirnya banyak sekali konflik. Senada dengan hal itu,  menurut Firman Ginting (alumnus Fia 95) banyak sekali kasus intoleransi terjadi di dalam masyarakat , seperti masalah pendirian rumah ibadah dll

Selain itu, dalam diskusi juga dibahas isu aktual lainnya, seperti program vaksinasi Covid-19. Dokter Hoyi Siantoresmi (alumnus FK 89) menjelaskan saat ini sudah mulai vaksinasi tahap kedua kepada tenaga kesehatan. Vaksinasi yg pertama sudah berjalan baik. Adapun mengenai pertanyaan mengapa sinovac yg dipilih itu karena penyimpanan yg mudah mengingat kondisi Indonesia yg luas , tidak perlu disimpan pada suhu minus spt vaksin lain dan dianggap lebih cocok dengan orang Indonesia. Mengenai efektifitas vaksin masih dievaluasi terus dan masyarakat tetap wajib menjaga prokes. Kontroversi soal vaksin selalu ada, maka sangat diperlukan sosialisasi vaksin ini terus menerus di komunitas dan sosmed. Selain isu intoleransi dan vaksinasi, dibahas juga mengenai banyaknya bencana alam di tanah air serta komitmen alumni harus siap apabila bencana datang.

 

Sebagai penutup, dibicarakan juga langkah strategis yg bisa dilakukan alumni, seperti memperkuat jaringan dengan komunitas dan elemen lain.

Diskusi ini merupakan agenda rutin komunitas Alumni Atma Jaya setiap bulan. Kali ini dihadiri oleh Bolean Silalahi, Dokter Hoyi Siantoresmi, Addo, Alex, Vanto, Arnold, Hima dan Firman Ginting. Direncanakan bulan Februari akan dilakukan diskusi lanjutan membahas evaluasi kegiatan yg sudah dilakukan serta menguatkan komunikasi dengan alumni yang lain agar menjadi gerakan bersama.

Pada awal diskusi juga dilakukan doa bersama untuk  Alm Antonius "Bejo" Lisliyanto yang baru saja meninggal dunia. Seluruh alumni turut berduka cita ?? (Alex Leo_

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom