Atma Jaya

Kurikulum Program Studi Ekonomi Terapan FEB UAJ

Academic Vision:

Mengembangkan keilmuan dalam bidang financial engineering, dan pengembangan alat kuantitatif pemodelan risiko keuangan, yang unggul dan profesional

 

Semakin terintegrasinya sektor keuangan antar negara mapun antar pasar, menyebabkan semakin besar dan kompleksnya risiko keuangan yang dihadapi oleh perbankan maupun industri keuangan lainnya. Banyak masalah keuangan yang terjadi disebabkan karena rentannya pengelolaan risiko keuangan. Oleh karena itu bidang keahlian financial risk management menjadi sangat diperlukan. Knowledge yang terkait dengan berbagai aspek risiko serta penguasaan teknik dan konsep-konsep fundamental yang digunakan dalam risk managementmenjadi sangat penting. Program Magister Ekonomi Terapan: Financial Risk Management FEB Unika Atma Jaya diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki knowledge dan kompetensi dalam meng-handle risiko keuangan.

 

 

Kurikulum

Kurikulum disusun dengan mengacu pada kurikulum  program sertifikasi internasional Financial Risk Management. Kurikulum berisi bahan kajian penting yang harus dikuasai oleh profesional di bidang financial risk management, meliputi fondasi financial economics serta mathematical statistics yang didukung ole 5 (lima) pilar penting yaitu, (i) Quantitative Analysis, (ii) Capital Market, (iii) Banking, (iv) Risk Management, dan (v) Regulation, Complience and Ethics. Kelima pilar tersebut dirancang menjadi 12 matakuliah yang harus ditempuh.

 

 

Tenaga Pengajar

Fondasi financial economics serta quantitative analysis merupakan bahan kajian penting yang harus dikuasai oleh profesional di bidang financial risk management. Oleh karena itu, Tim Pengajar Program Studi ini terdiri dari, (i) akademisi yang mempunyai kualifikasi akademik tinggi di bidang analisis kuantitatif, keuangan dan perbankan, serta risk management, serta (ii) praktisi senior di bidang perbankan dan pasar modal.

 

 

Prospek Karir

Kompetensi  di bidang financial risk management diperlukan oleh berbagai profesi terutama dalam industri jasa keuangan (bank dan lembaga keuangan bukan bank) seperti, risk manager, credit manager, asset and liability manager, risk control manager,portfolio manager, atau financial risk consultant.

 

Pilar “capital market” dalam kurikulum juga sangat mendukung lulusan untuk berkarir di industri pasar modal yang berkaitan langsung dengan proses keputusan investasi yaitu sebagai research analyst, fund manager, atau investment banker.

 

 

Testimoni:

_____________________________________________________________________________________

 “Manajemen Risiko, diwajibkan di perbankan dan industri keuangan non-bank Indonesia. Di lain pihak, perkembangan teknologi dan ilmu manajemen perbankan global berkembang sangat cepat dan semakin kuantitatif. Sayangnya, hanya sedikit insan perbankan di Indonesia yang menguasai manajemen risiko dari sisi global best practice teori dan perhitungan. Saya melihat desain kurikulum yang dirancang oleh Program Studi ini, sejalan dengan kurikulum sertifikasi FRM, menjadi pilihan yang langka dan sangat berharga di Indonesia saat ini. Best practice seperti ini akan sangat berguna bagi mereka yang bekerja di sektor keuangan dan ingin meningkatkan pengetahuan dan memajukan karir mereka”.

 

(Martin Panggabean, Ph.D, Ekonom/ Praktisi Perbankan)

 

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom