Atma Jaya

Kunjungan ke Wikasatrian

Kunjungan Ke Wiksatrian

 

 

Senin, 23 Maret 2015 lalu, rombongan Program Studi (Prodi) Magister Psikologi, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (FP UAJ) berkesempatan mengunjungi Wikasatrian. Wikasatrian adalah Pusat Pelatihan Kepemimpinan berbasis budaya yang dibangun dan dikembangkan oleh WIKA (Wijaya Karya), BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Belasan mahasiswa prodi  dengan peminatan Psikologi Temu Budaya dan tiga dosen FP UAJ (Ibu Juliana Murniati, Ibu Hana Panggabean, dan Bapak Ratri Atmoko) disambut oleh Bapak Tonny Warsono selaku perwakilan WIKA sekaligus pamong utama di Wikasatrian.

 

Kedatangan rombongan Atma Jaya disambut dengan penganan khas Indonesia di bangunan Giri Boga. Pak Tonny menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya Wikasatrian dan nilai-nilai filosofis dari setiap ornamen dan bangunan yang ada di Giri Boga. Diresmikan pada Maret 2013, Wikasatrian dirancang untuk menjadi pusat pelatihan kepemimpinan bagi karyawan level manajerial, baik di internal WIKA maupun perusahaan lain. Ide awal tentang Wikasatrian sendiri bermula ketika WIKA menangani sejumlah proyek di Algeria. Pak Tonny, kala itu menjadi Direktur SDM WIKA, melihat bahwa menangani proyek besar di lokasi yang jauh dari negeri sendiri, WIKA justru berhasil dan meraih sejumlah penghargaan internasional berkat nilai-nilai dan semangat kearifan nusantara para karyawannya.

 

Nilai-nilai kearifan nusantara tersebut diwujudkan Wikasatrian dalam bentuk falsafah, arsitektur, hingga program-program pelatihan yang ditawarkan. Falsafah Wikasatrian mendasarkan diri pada tiga fondasi utama kepemimpinan khas Indonesia, yakni Spiritualitas, Kemanusiaan, dan Alam. Berlokasi di lahan seluas 10 hektar di Desa Pasir Angin, Gadog Ciawi, Jawa Barat, arsitektur modern bercorak Indonesia Wikasatrian menyatu padu dengan alam. Dikelilingi Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Geulis, keasrian di Wikasatrian juga terjaga dengan banyaknya ruang hijau mulai dari taman, pepohonan, hingga Hutan Tanpa Sentuh, dimana hutan dibiarkan tumbuh bebas dengan hukumnya sendiri tanpa sentuhan dan intervensi manusia.

 

Dari Giri Boga, kunjungan dilanjutkan ke Giri Wijaya, bangunan utama dengan bentuk menyerupai Semar, tokoh Punakawan paling utama dalam pewayangan Sunda dan Jawa. Di Giri Wijaya terdapat ruang auditorium Giri Sasana, ruang perpustakaan Giri Pustaka, dan ruang diskusi berkonsep lesehan Giri Budaya. Di ruang auditorium Giri Sasana, Pak Tonny  menjelaskan proses panjang penggalian nilai-nilai kepemimpinan khas Nusantara yang meliputi studi kepustakaan hingga riset bekerjasama dengan sejumlah universitas ternama di Indonesia. Dari sana silabus pelatihan pun terlahir dalam bentuk program tiga tingkatan yang dinamakan Satria Pratama (pelatihan dasar meliputi mengenali diri dan alam, juga mengasah rasa syukur dan Ikhlas), Satria Utama (fokus pada dampak pengambilan keputusan dan kaitannya dengan tanggungjawab sosial dan lintas budaya), serta Satria Piningit (dengan fokus tentang peninggalan warisan yang langgeng bagi organisasi, bangsa, dan negara).

 

Setelah dari Giri Boga, rombongan berkeliling menikmati keindahan alam dan kekhasan flora di Wikasatrian mulai dari bunga Melati Putih dan Anggrek Bulan yang merupakan Puspa Bangsa dan Puspa Pesona, dua dari tiga bunga yang ditetapkan menjadi bunga nasional Indonesia, hingga tanaman Pakis Monyet. Terdapat juga Wana Arena, ruang pentas berkonsep amphitheater untuk pertunjukkan dan pentas kebudayaan, hingga sarana olahraga serta kompleks tenda eksklusif sebagai ruang istirahat untuk para peserta pelatihan.

 

Kunjungan ditutup dengan makan siang bersama di Giri Boga. Setelah makan, rombongan berfoto bersama dengan Pak Tonny dan para staf Wikasatrian lainnya, serta penyerahan cinderamata dari FP UAJ kepada Wikasatrian. Kunjungan lapangan ini dirasa amat berkesan dan bermanfaat bagi para mahasiswa pascasarjana Psikologi Temu Budaya, dengan melihat langsung bagaimana budaya bisa berperan dan berimplikasi pada begitu banyak hal termasuk pembentukkan kepemimpinan.

 

 

Pengulas: Okki Sutanto (Mahasiswa MSi 2014)

 

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom