Atma Jaya

3G Semester Genap 2014 2015

3G (Go Greet and Gather)

Prodi Magister Sains Psikologi

 

Selasa, 3 Februari 2015 prodi Magister Sains Psikologi Unika Atma Jaya menyelenggarakan acara keakraban mahasiswa yang kami sebut sebagai 3G (Go Greet and Gather). Acara ini kami adakan setiap awal semester untuk mempertemukan mahasiswa angkatan baru dengan mahasiswa lainnya.  Dalam acara keakraban tersebut kami juga menyelenggarakan Kuliah Umum dengan berbagai topik yang up to date dan relevan dengan prodi MSi Psikologi.

 

Kuliah Umum kali ini mengangkat tema tentang Disaster, baik natural maupun man made.  Tema ini saya angkat mengingat kita baru saja mendapat musibah kecelakaan pesawat Air Asia. Selain itu kami membahas kesiapan psikolog, akademisi psikologi, dan pemerhati psikologi terkait dengan respon pada upaya pemberdayaan penyintas bencana.  

 

Kuliah Umum diawali dengan paparan Prof. Etty Indriati, PhD sebagai Antropolog ragawi forensik dan medis yang juga salah satu anggota tim DVI yang mengidentifikasi penumpang Air Asia yang ditemukan. Banyak cerita off the record yang beliau paparkan agar mahasiswa MSi memahami lebih dalam apa yang terjadi dan bagaimana tim DVI bekerja mengidentifikasi penumpang, menghadapi keluarga penumpang yang menunggu berita, dan lainnya.

 

Bu Dra. Rinny Sugiyoharto, Psi. dari Himpsi Jaya melengkapinya dengan pendalaman peran psikologi dan ilmuwan psikologi dalam bencana di Indonesia. Apa yang dipaparkan oleh beliau sangat tepat dengan mata kuliah yang kami susun dalam kurikulum. Dengan demikian kami berbesar hati bahwa prodi MSi Psikologi disusun sedemikian rupa untuk ikut menyelesaiakan permasalahan sosial bangsa Indonesia.  Kedua bidang peminatan kami, yaitu Psikologi Sosial Kesehatan dan Psikologi Temu Budaya, sangat relevan dan bisa ikut berperan dalam kasus bencana nasional. 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom