Atma Jaya

Webinar Nakturaktivist : Penggiat Alam di Era New Normal 2021 (KMPA Pelangi)

Pada hari Sabtu, tanggal 27 Maret 2021, KMPA (Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam) Pelangi mengadakan Webinar Naturaktivist dengan judul "Penggiat Alam di Era New Normal". Webinar diawali dengan doa pembukaan kemudian diikuti dengan sambutan oleh Kepala Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UAJ, Fransisca Rosa Mira Lentari. M.Psi, Psikolog. Fransisca Rosa Mira Lentari kemudian mulai memperkenalkan tiga narasumber: pertama, Putri Handayani, seorang mountaineer yang sudah mendaki/menyelesaikan 4 dari 7 puncak dunia, kedua, adalah Indriawati Wantah atau biasa dipanggil Dhedhe, alumni Fakultas Psikologi UAJ angkatan 2000 dan juga alumni Magister Profesi Fakultas Psikologi UAJ, lalu yang ketiga adalah Adnyani Dewi, seorang alumni dari FP UAJ angkatan 2014 yang biasa dikenal dengan Uge. Acara berlanjut dengan sambutan dari Ketua KMPA Pelangi, Victoria Puteri Arista dan sambutan dari Ketua Pelaksana, Regina Nindyastari.

 

 

Sesi 1 adalah Talkshow dan Sharing. Setiap narasumber dipersilahkan untuk memberikan sharing mereka tentang bagaimana mereka bisa tertarik dengan kegiatan alam dan umumnya apa yang dilakukan oleh narasumber di alam. Sharing pertama dari Putri Handayani mengenai bagaimana lingkungan tempat tinggalnya yang masih kampung sehingga dirinya jadi suka bermain di sungai dan sawah, tidak suka berdiam di dalam rumah hingga mengikuti kegiatan pramuka waktu Sekolah Menengah Pertama dan mengikuti kegiatan pecinta alam saat kuliah. Sharing kedua dari Dhedhe mengenai bagaimana dahulu pernah melakukan pendakian kemudian baru mulai tertarik dengan alam saat masuk ke Pelangi dan bisa mengenal kegiatan-kegiatan alam hingga saat ini. Sharing ketiga dari Uge mengenai perjalanan awalnya mengikuti Pelangi dan perihal dirinya yang sudah menyukai olahraga.

 

Kemudian, obrolan berlanjut untuk membahas tentang perbedaan yang dirasakan selama pandemi pada setiap narasumber. Setiap narasumber menceritakan perubahan yang terjadi, seperti Putri Handayani mengaku jadi hanya bisa melakukan petualangan lokal saja, seperti pergi ke air terjun yang ada di Sumatera Utara. Dhedhe mengaku jadi lebih banyak berkegiatan di dalam ruangan tapi kalau harus keluar pun, Dhedhe mencari tempat yang sepi untuk menghindari kerumunan. Terakhir, pengalaman dari Uge sama seperti Dhedhe, yaitu jadi lebih sering latihan sendiri karena tidak boleh berkegiatan dengan banyak orang.

 

 

Sampai pada akhirnya, setiap narasumber memberikan beberapa tips yang dapat menjadi motivasi bagi peserta webinar yang merupakan penggiat alam. Tips dari Dhedhe adalah jangan sampai kondisi pandemi membuat kita membatasi diri sendiri untuk berkarya dan sebenarnya masih banyak cara untuk melakukan kegiatan. Sedangkan, tips dari Uge adalah jangan sampai masa seperti ini menghambat diri kita sendiri, kita juga harus memiliki goals yang spesifik agar dapat melakukan segala cara untuk mencapai goals tersebut. Terakhir, tips dari Putri Handayani adalah bagaimana keputusan masing-masing, keamanan itu tetap diutamakan dan melakukan segala sesuatu untuk saat ini harus benar-benar dipertimbangkan dengan sangat baik.

 

Penulis: Benedicta Anita (2019)

Editor: Gyshella Amanda (2018)

 

 
Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom