Atma Jaya

Aid In Unity, Kegiatan ORMAWA bersama Lentera Anak Pelangi

 

Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, organisasi mahasiswa (ORMAWA) Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FPUAJ)  mengadakan kegiatan “Aid In Unity” bersama adik-adik dari Lentera Anak Pelangi. Kegiatan ini diadakan selama dua hari, yaitu pada 5 dan 19 Juni 2021, dimana hari pertama pelaksanaannya, merupakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi adik-adik dari Lentera Anak Pelangi mengenai pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan juga budaya khususnya di Indonesia. Kegiatan ini pun diselenggarakan oleh panitia yang terdiri dari perwakilan ORMAWA PSYGHT, KMPA PELANGI, STAMP dan PENA.

 

Kegiatan Aid in Unity pada Sabtu, 5 Juni 2021 berfokus kepada edukasi mengenai lingkungan hidup kepada adik-adik dari Lentera Anak Pelangi. Edukasi yang diberikan dapat bersifat penjelasan dari panitia dengan bantuan majalah yang telah diberikan oleh panitia “Aid In Unity” sebelum acara berlangsung. Walaupun demikian, adik-adik dari Lentera Anak Pelangi juga turut berkontribusi secara aktif dalam kegiatan ini. Adik-adik dari Lentera Anak Pelangi diajak untuk bermain games kecil, berupa ice breaking dan games dalam majalah, melantunkan jargon, yaitu “Pelikan: Siap terbang menjaga lingkungan”, dan juga menanam tanaman sendiri sebagai wujud nyata adik-adik dalam menjaga lingkungan. Tanaman yang ditanam pada saat kegiatan ini akan dilihat kembali pada saat kegiatan di hari kedua.

 

Kegiatan Aid In Unity di hari kedua, yaitu Sabtu, 19 Juni 2021 memiliki perbedaan dengan kegiatan di hari pertama. Kegiatan ini lebih berfokus pada edukasi mengenai kelestarian budaya Indonesia. Adik-adik dari Lentera Anak Pelangi  diajak untuk mengenal budaya Indonesia dan mencintai keanekaragaman budaya yang ada. Selain itu, adik-adik dari Lentera Anak Pelangi juga diajak oleh kakak-kakak dari STAMP untuk belajar menari tarian tradisional, yaitu tari Tor-Tor. Dengan belajar menari tradisional, adik-adik dari Lentera Anak Pelangi juga belajar cara melestarikan budaya Indonesia.

 

Kegiatan ini sudah berjalan dengan baik dengan adanya antusiasme dari adik-adik Lentera Anak Pelangi dalam mengikuti acara dari awal hingga akhir. Materi yang diberikan oleh PSYGHT, KMPA PELANGI, STAMP dan PENA diharapkan bisa menjadi bekal yang baik untuk adik-adik dari Lentera Anak Pelangi di masa mendatang.

 

Penulis: Yustisia Krisnawulandari Putri (2020), Editor: Gyshella Amanda M. (2018)

 
Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom