Atma Jaya

Pengalaman Internship mahasiswa Teknologi Pangan ke Korea selama masa Pandemi

 

 

 

Pengalaman Internship Mahasiswa Teknologi Pangan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya ke Korea selama masa pandemi

 

 

Salah satu mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Angkatan 2017, Eunike Tiffany (201708520064), telah mengikutiprogram internship di Soonchunhyang Institute of Medi-Bio Science (SIMS), Korea pada semester ganjil 2020/2021.Berikut penuturan Eunike.

 

Kesempatan mengikuti program internship merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diterima sekaligus mendapatkan ilmu baru secara learning by doing. Hal inilah yang saya dapatkan selama menjalankan program internship di Soonchunhyang Institute of Medi-Bio Science (SIMS). Pengalaman ini merupakan salah satu langkah baru keluar dari zona nyaman yang saya ambil selama masa perkuliahan di prodi Teknologi Pangan, Fakultas Teknobiologi (FTb) Unika Atma Jaya.Terlebih, program ini dijalankan di tengah kondisi pandemi. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi saya dan teman-teman yang berkesempatan untuk mengikuti program ini.

 

Secara garis besar, enam bulan menjalani program ini dipenuhi dengan banyak cerita. Banyak hal baru yang dapat dipelajari, teman-teman dari berbagai negara, serta pengalaman baru yang tidak terlupakan. Melalui bantuan dari profesor, mentor, teman-teman, dan beberapa alumni FTb yang menjalankan studi lanjut, saya dapat menyelesaikan program ini dengan baik. Kondisi lingkungan yang suportif juga membantu saya dalam menjalani hari-hari di negeri gingseng ini. Saya dapat merasakan dan belajar secara tidak langsung budaya hidup dan pola pikir teman-teman yang berasal dari banyak negara yang berbeda.

 

Namun, keadaan pandemi membuat banyak hal berubah. Kegiatan yang biasanya dapat dilakukan bersama banyak yang dihindari. Kami pun tidak terlalu bisa menikmati indahnya Negara Korea Selatan karena adanya batasan yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami lebih banyak menghabiskan waktu di sekitaran kampus dan tempat tinggal kami. Sebelumnya, kami juga diharuskan untuk mengikuti karantina mandiri selama 14 hari. Selain itu, kegiatan tahunan, seperti pesta akhir tahun dan seminar yang biasa dilakukan secara offline pun dilakukan secara online. Akibatnya, kami tidak terlalu banyak bersosialisasi dengan mahasiswa dari laboratorium lain yang seharusnya dapat dilakukan apabila tidak ada batasan dalam masa pandemi ini.

 

 

  

Selama mengikuti program internship, kami diberikan pembekalan dari profesor masing-masing, pelatihan mengenai alat-alat yang canggih, dan juga proyek penelitian. Selain itu, alur pekerjaan juga sangat terstruktur. Setiap minggu, setiap anggota laboratorium berkumpul secara online maupun offline untuk mempresentasikan progres kerja dan membahas artikel jurnal terkait dengan penelitian masing-masing. Dengan demikian, kami menjadi lebih mengerti mengenai proyek yang sedang berjalan, saling memberikan kritik dan saran, juga merasa diterima sebagai anggota laboratorium. Kami juga diberikan kesempatan untuk menggunakan alat-alat yang telah kami pelajari dan menentukan alur penelitian dengan bimbingan dan persetujuan profesor. Setelah semua hal berjalan, kegiatan ini ditutup dengan presentasi akhir untuk menceritakan yang telah kami pelajari ataupun lakukan selama enam bulan.

 

Saya merasa bersyukur atas kesempatan mengikuti program internship yang diberikan karena memberikan banyak manfaat tidak hanya dalam segi keilmuan, tetapi juga profesionalitas kerja, bahasa, sosial, dan basic life skill. Melalui kesempatan ini, saya bisa menikmati, menerapkan, dan mendapatkan banyak hal baru yang mengubah pola pikir dan memperkaya kemampuan yang selama ini saya miliki. Saya dapat berproses dan berprogres untuk dapat berkembang. Selain itu, saya juga menjadi lebih mengerti tentang dunia penelitian dan dapat meningkatkan kemandirian. Saya berharap dengan adanya program serupa, semangat mahasiswa untuk belajar dan terus berkembang akan terus meningkat dan dapat menjadi teladan bagi orang lain.

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom