Atma Jaya

Lets understand Food Security

Populasi manusia saat ini adalah 7.6 milyar orang dan terus tumbuh dengan estimasi akan mencapai 9.8 miliar orang di tahun 2050 berdasarkan World Population Prospects 2022 yang dipublikasi oleh Department of Economic and Social Affairs – United Nation. Laju pertumbuhan pesat ini secara langsung berdampak pada meningkatnya kebutuhan pangan dan memberi tekanan besar pada kegiatan produksi pangan. Pengelolaan permintaan dan supplai yang tidak berimbang, diikuti dengan efek perubahan iklim terhadap kegiatan produksi pangan, akan meningkatkan risiko terjadinya krisis pangan. Karenanya, tantangan yang dihadapi para pelaku industri pangan tidak lagi mengenai pengolahan pangan, tetapi juga harus mengantisipasi trend pangan masa depan yang lebih sehat dan efisien dalam proses produksinya. Dan bioteknologi akan memiliki peran besar dalam langkah dunia memitigasi risiko krisis pangan tersebut.  

Fakultas Teknobiologi membekali mahasiswa prodi Bioteknologi dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan, seperti rekayasa DNA, teknologi bioreaktor dan bioteknologi tanaman, yang relevan dan memiliki peran dasar dalam kegiatan peningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pangan. Kegiatan riset yang aktif dilakukan para dosen pengampu juga menjadi wadah yang ideal untuk mahasiswa bioteknologi mengasah keterampilan dan paradigma riset mereka. Selain itu, di prodi Teknologi Pangan, mahasiswa diajak untuk memahami konsep ketahanan pangan (food security) melalui mata kuliah wajib Pangan Transgenik. Mata kuliah ini diasuh oleh Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, dengan Prof. Dr. Maggy T. Suhartono dan Dr. Yuri Sutanto sebagai tim pengajar. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak berdiskusi dan memahami secara mendalam kontroversi pangan transgenik, nutrisi pangan dan aspek-aspek esensial dalam proses produksi pangan.

Melalui kurikulum ini, mahasiswa FTb diharapkan mendapat perspekstif yang lebih luas mengenai isu pangan dan trend pangan masa depan, yang menjadi nilai tambah dalam berkarir dan berwirausaha bagi para lulusan fakultas Teknobiologi.

 

(YS)

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom