Atma Jaya

DIVERSITY, EQUITY, & INCLUSION IN ORGANISATION: TANTANGAN ORGANISASI DI ERA GLOBALISASI

Pada Sabtu 13 Maret 2021, Prodi Magister Psikologi bersama Prodi Doktor Psikologi Unika Atma Jaya menyelenggarakan webinar berjudul “Diversity, Equity, and Inclusion in Organization”. Pada Webinar ini, Prof. Dr.phil Hana Panggabean, Psikolog memaparkan tentang Diversity, Equity, dan Inclusion (DEI) yang sedang tren di organisasi global. Sebagai catatan, pada 2-3 tahun terakhir terjadi peningkatan permintaan pelatihan pada Yale University yang naik tiga kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan mampu meraup US $ 8 milyar per tahun. Selain itu Prof. Hana juga menyampaikan contoh-contoh kasus diskriminasi gender, ras, agama, etnis, dan fisik (berkebutuhan khusus) yang pernah terjadi di organisasi, latar belakang penyebabnya, yaitu unconscious bias, serta strategi penerapannya.

 

Diversity dipahami sebagai sikap menghormati dan menghargai keberagaman yang ada dalam organisasi, yang kemudian ditunjukkan dalam sistem, prosedur, dan mekanisme pengelolaan organisasi yang menekankan kesetaraan (Equity), di mana pada akhirnya mampu membuat individu di dalamnya merasa diterima dan mengidentifikasi diri dengan organisasi (Inclusion) sehingga organisasi mampu mencapai keberhasilan.

Pada Webinar ini hadir pula Desy Ratnasari, M.Si, M.Psi., Psikolog yang merupakan alumni S1, S2, dan mahasiswa S3 Fakultas Psikologi UAJ yang berbagi pengalamannya bekerja di DPR RI di mana perempuan belum mendapat kepercayaan sebagai pemimpin di dunia politik. Pengalaman inilah yang mendorongnya menyusun desertasi mengenai perempuan, kepemimpinan, dan politik.

 

Diskusi yang hangat terjadi tidak hanya antara peserta dengan narasumber yang dimoderatori oleh Kaprodi Magister Psikologi UAJ, Dr. Angela Oktavia Suryani, namun juga dalam diskusi antar peserta di meeting chat zoom. Sebagai penutup, Prof. Hana menyampaikan bahwa agar penerapan DEI dapat berkelanjutan, pimpinan organisasi perlu menunjukkan komitmen yang nyata. Apabila sistem dan program telah disusun, namun tanpa dukungan dan komitmen pimpinan organisasi, implementasi tidak berjalan. (teks: mspsi@atmajaya.ac.id).

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom