Atma Jaya

Seminar Dies Natalis ke 27

 

Poster (.jpg)

 

PROPOSAL KEGIATAN SEMINAR & STUDIUM GENERALE

DALAM RANGKA DIES NATALIS FAKULTAS PSIKOLOGI KE-27

“PSIKOLOGI & BUDAYA”

PROGRAM  STUDI MAGISTER & DOKTORAL PSIKOLOGI

UNIKA ATMA JAYA

NOPEMBER 2019

 

I.       Latar Belakang

Dalam rangka perayaan Dies Natalis FP UAJ yang ke-27, Program Studi Magister & Doktoral Psikologi akan menyelenggarakan  2 seminar dan 1 studium generale sebagai penutup acara peringatan di penghujung tahun 2019 ini. Program Studi Magister & Doktoral Psikologi FP UAJ didirikan dengan misi mengembangkan teori, konsep dan terapan psikologi yang sesuai dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang tepat terhadap berbagai gejala sosial yang dihadapi masyarakat Indonesia yang beragam. Dalam kenyataannya Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia terletak di persimpangan jalan raya bangsa-bangsa karena terletak di antara dua dataran benua dan dua samudera. Letak ini menyiratkan terjadinya dinamika temu budaya yang berkembang akibat terjadinya persilangan berbagai budaya, baik antar budaya dalam konteks masyarakat Indonesia sendiri maupun antara budaya dalam konteks masyarakat Indonesia dengan masyarakat dari negara-negara lain di luar Indonesia. Gambaran ini memberikan kesadaran bahwa Indonesia merupakan laboratorium dan ranah penelitian sosial yang alamiah menarik untuk menjadi fokus berbagai penelitian sosial psikologis.

Untuk inilah Program Studi Magister & Doktoral Psikologi menawarkan sesuatu yang baru, yakni penelitian yang berfokus pada masalah manusia Indonesia yang khas yang tidak selalu dapat dipahami dan diselesaikan dengan perspektif psikologi arus utama yang dikembangkan di dunia Barat. Guna memantapkan kekhasan psikologis masyarakat Indonesia maka selayaknya-lah berbagai penelitian yang dilaksanakan dengan perspektif psikologi budaya masyarakat Indonesia disandingkan serta dibandingkan dengan penelitian tentang masyarakat dari negara lain yang berbeda budaya.

Oleh karena itu dengan mengangkat tema umum “Psikologi dan Budaya” Program Studi Magister & Doktoral Psikologi UAJ mengadakan kegiatan Seminar dan Studium Generale yang mencakup presentasi dan diskusi topik-topik penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti dari FP UAJ, Korea dan Norwegia.

 

II. Tujuan

    1. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat ilmuwan dan awam mengenai sejumlah isu dalam masyarakat dan budaya Indonesia yang berbeda dengan masyarakat dan budaya Korea dan Norwegia.
    2. Membuka ruang bagi para ilmuwan untuk berdiskusi mengenai perbedaan-perbedaan yang muncul sebagai imbas perbedaan budaya yang melatar belakangi isu sosial psikologis tersebut.
    3. Membuka peluang untuk mengembangkan penelitian-penelitian kolaboratif antar budaya bagi pengembangan keilmuan psikologi secara umum maupun secara khusus terkait masyarakat dan budaya setempat.

 


 

III. Rencana dan Jadwal Kegiatan

1. Seminar “Emosi dan Budaya”

Hari/tgl           :    Rabu, 6 November 2019

Waktu             :    13.30 – 15.00

Lokasi             :    Ruang Multimedia Teknik K3

Narasumber    :

a)      Dr. Zahrasari Lukita Dewi (Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya)

Judul materi “Emotional Intelligence of Indonesians

b)      Prof. Gyuseog Q. Han  Ph.D (Emeritus) Department of Psychology, Chonnam National University, Korea Selatan

Judul materi “Emotion from Korean Cultural  Perspective

Moderator       :    Dr. Nani Nurrachman (Kepala Program Studi S3 FP UAJ)

 

2. Studium Generale “Korean society from psychological perspective

Wajib dihadiri bagi mahasiswa S2 dan S3 Psikologi Unika Atma Jaya dan terbuka bagi alumni mahasiswa S2 (Khusus Fakultas Psikologi)

Hari/tgl           :    Jumat, 8 November 2019

Waktu             :    15.30 – 17.00

Lokasi             :    Gedung Yustinus lt 14

Narasumber    :    Prof. Gyuseog Q. Han  Ph.D (Emeritus) dari Department of Psychology,  Chonnam National University, Korea Selatan

 

3. Seminar “Youth a cross-culture: views and issues

Hari/tgl           :    Rabu, 13 November 2019

Waktu             :    13.30 – 15.00

Lokasi             :    Ruang Multimedia Teknik K3

Narasumber    :

a)      Dr. Angela Oktavia Suryani (Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya)

Judul materi “Description of Positive Developmental Asset, Five Positive Aspects and Hope of high school students in Jakarta (capital city) and Bandar  Baru (rural area in North Sumatra)

b)      Prof. Gyuseog Q. Han  Ph.D (Emeritus) Department of Psychology, Chonnam National University, Korea Selatan

Judul materi “Korean Youth: suffering in the exam-hell, explaining the     phenomena from cultural psychology of personhood”

c)      Associate Proffesor Dr. Nora Wiium (via Skype) Department of Psychosocial Science, University of Bergen, Norwegia

Judul materi: “Positive Youth Development a crossnational perspective” (to be confirmed)

Moderator       :    Dr. Nani Nurrachman (Kepala Program Studi S3 FP UAJ)

 

IV.        Kepesertaan

Peserta Seminar adalah mahasiswa dan dosen UAJ, khususnya dari Fakultas Psikologi, serta peserta umum dari luar UAJ yang memiliki ketertarikan terhadap isu psikologi dan budaya.

Peserta Studium Generale adalah mahasiswa/alumni Prodi S2 dan mahasiswa S3 Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya yang bersifat wajib.

 

Pendaftaran: https://tinyurl.com/y58jykze

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom