Atma Jaya

Workshop on Family Therapy 2021, Wadah Pembelajaran Teknik Terapi bagi Psikolog

Kegiatan workshop menjadi salah satu wadah bagi kita untuk mempelajari sesuatu. Pembelajaran tidak hanya kita dapatkan dari teori, namun juga dapat dengan mengikuti seminar dan workshop. Workshop juga berguna untuk menambah pengalaman kita terkait skill tertentu yang ingin kita kuasai. Tak sedikit kita sering menjumpai kegiatan workshop dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang psikologi. Dalam psikologi, untuk dapat melakukan teknik terapi tertentu diperlukan adanya pelatihan sebelum dapat melakukan terapi. Workshop dan pelatihan-pelatihan menjadi penting untuk diadakan karena untuk melakukan suatu terapi perlu ada sertifikat pendukung yang menyatakan seorang psikolog mumpuni untuk melakukan teknik terapi tertentu.

 

Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya pun tak luput memberi wadah bagi para psikolog untuk mendalami tentang family therapy dengan mengadakan Workshop on Family Therapy 2021 (WFT) yang menghadirkan Toni Zimmerman, Ph. D. dari Colorado State University, Amerika Serikat. Kegiatan workshop berlangsung sebanyak 16 sesi mulai dari pertengahan Agustus hingga awal Desember. Sesi utama pemberian materi diberikan oleh Toni Zimmerman, Ph.D sedangkan untuk mentoring difasilitasi oleh Dra. Adriana Soekandar Ginanjar, M.S. dan dra. Dewi Murni Limansubroto, Psi. M.Sc. Pertemuan perdana dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 19 Agustus 2021 melalui Zoom meeting yang dihadiri oleh 21 peserta psikolog dan mahasiswa Magister Profesi Psikologi. Dekan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya, Dr. Theresia Indira Shanti, membuka acara workshop ini yang kemudian dilanjutkan oleh Laurentius Sandi Witarso, M.Psi, Psikolog selaku koordinator acara dengan menerangkan jadwal sesi pertemuan. Setelah itu Toni memberikan kata pembukaan dan penjelasan mengenai buku yang akan digunakan selama sesi sebelum melanjutkan ke perkenalan para peserta dan kemudian dilanjutkan dengan pembawaan materi.

 

Program WFT saat ini masih dalam proses dan masih berlangsung dengan pertemuan rutin setiap minggunya diikuti dengan sesi mentoring setiap tiga minggu sekali. Diharapkan dengan adanya kegiatan WFT ini dapat menjadi wadah bagi psikolog-psikolog untuk mempelajari teknik family therapy.

 

Penulis : Michelle Julietta (201807510091)

 

 

 

 

 
Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30  
bottom