Atma Jaya

PELEPASAN SARJANA PERIODE OKTOBER 2017

Sebagai apresiasi kepada para mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studi, Fakultas Psikologi secara rutin mengadakan acara Pelepasan Sarjana. Acara pelepasan Sarjana ini juga diselenggarakan bagi mahasiswa Pascasarjana. Pelepasan Sarjana Oktober 2017, diadakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2017, bertempat di Gedung Yustinus lantai 15, Kampus Semanggi UNIKA Atma Jaya. Acara ini dihadiri oleh 88 orang wisudawan Sarjana dan 7 orang wisudawan Pascasarjana.

 

Acara Pelepasan Sarjana dengan penampilan tari Saman oleh UKM Seni Tari Mahasiswa Psikologi (STAMP).  Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari pimpinan Fakultas, Rayini Dahesihsari, M.Psych., Ph.D selaku Wakil Dekan FPUAJ, Prof. Irwanto, Ph.D sebagai Kepala Program Studi Magister Sains dan Doktoral, dan Dr. Yohana Ratrin Hestyanti sebagai Kepala Program Studi Sarjana. Setelah kata-kata sambutan dari pimpinan fakultas, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan alumni FPUAJ, Heri Hermawan, S.Psi dan Emanuel Constant Ginawa, M.Si. Kata sambutan dari wakil wisudawan diberikan oleh Shannaz Natassa, S.Psi, dati angkatan 2013.  Acara pemberian kata-kata sambutan diakhiri dengan kata sambutan dari wakil orang tua wisudawan, Bambang Prakoso (orang tua dari Lintang Christie).

 

Usai mendengarkan berbagai kata sambutan, para wisudawan diajak untuk mengenang perjalanan kisah mereka selama di bangku perkuliahan melalui video kompilasi foto para wisudawan. Sebagai simbol pelepasan para wisudawan dilakukan acara pelepasan pita ungu. Melepas pita ungu yang dipakai oleh para wisudawan, merupakan simbol dari mahasiswa yang melepas masa perkuliahan mereka. Saat melepas pita ungu, beberapa dosen membantu melepas pita ungu para mahasiswa. Hal ini juga menjadi simbol para wisudawan telah dilepas dari bimbingan para pendidik di FPUAJ ke masyarakat.

 

Pada acara Pelepasan Sarjana, para dosen memberikan persembahan lagu bagi para wisudawan. Lagu yang dipersembahkan oleh tim paduan suara dosen antara lain "Heal the World" (Michael Jackson), "Dekat di Hati" (RAN), dan "Hymne HIMPSI". Lagu-lagu ini menyiratkan pesan bahwa para dosen memiliki harapan agar lulusan FPUAJ menjadi "benih-benih penyembuh dunia", dan walaupun telah meninggalkan FPUAJ, para lulusan tetap dekat di hati para dosen. Sesuatu yang unik dan spesial dilakukan oleh tim paduan suara dosen saat menyanyikan lagu "Dekat di Hati". Saat menyanyikan lagu "Dekat di Hati", tim paduan suara dosen menyayikan lagu ini dengan bahasa isyarat. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan empati kepada para penyandang disabilitas. Acara pelepasan sarjana kemudiandiakhiri dengan kegiatan foto dan makan bersama.

 

 

 Foto: Persembahan tari saman (dok. POTRAIT)

 

Foto: Paduan suara dosen (dok. POTRAIT)

 

Foto: Lulusan FPUAJ 2017 dan Dosen (dok. POTRAIT)

 

 Foto : Kompilasi Foto Pelepasan Sarjana 2017 (dok.Tyas Suci)

 

 

Penulis : Natasha Violin (2015)

Editor   : Laurentius Purbo Christianto

Foto      : POTRAIT & Tyas Suci

 
Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  
bottom