Atma Jaya
Awards

Pengaplikasian Stata dalam Menganalisis Data Kuantitatif

Jumat, 1 November 2019 - Pusat Penelitian HIV AIDS (PPH) Unika Atma Jaya mengadakan pelatihan Stata di Gedung Yustinus lantai 14, Kampus 1 Semanggi. Pembahasan yang diberikan selama pelatihan ini mengenai pengantar analisis data kuantitatif dan statistik dasar menggunakan Stata. Pembicara dalam acara ini yaitu Arie Rahadi, Ph.D, Peneliti PPH UAJ.

 

Saat ini, informasi tersedia dalam jumlah, bobot, dan nilai yang luas dan tersebar dimana pun karena adanya perkembangan teknologi. Peningkatan ketersediaan informasi ini harus sejalan dengan kemampuan manusia dalam menganalisis dan mengelola informasi tersebut. Perlu ditekankan pentingnya metode pemrosesan dan analisis data kuantitatif yang tepat.

Di dalam lingkup penelitian, data kuantitatif merupakan sarana pengukur efektivitas terhadap indikator keberhasilan dari kumpulan data yang tersimpan. Dengan memanfaatkan penggunaan Stata, analisis data kuantitatif dapat dilakukan. Stata sendiri merupakan paket peranti lunak untuk analisis statistik yang populer digunakan di bidang ekonomi dan kesehatan.

 

 Pembicara Pelatihan Stata, Arie Rahadi, Ph.D

 

Pelatihan diberikan baik secara teori maupun praktik. Teori analisis yang disampaikan berupa pengenalan jenis data (kontinus, diskrit, proporsi, rasio), pengenalan konsep statistik (sampel, populasi, data eksperimental/observasional), parameter (mean, median, simpangan baku, confidence interval, dll.), dan pengujian hipotesis. Dari teori tersebut, akan dipraktikan dengan menggunakan Stata.

Topik penggunaan Stata yang disajikan adalah manajemen data, manipulasi data untuk analisis, statistik deskriptif, dan statistik analitik (asosiasi, regresi sederhana). Arie mengungkapkan dengan adanya pelatihan Stata ini diharapkan mampu membuat para peserta lebih tertarik dalam dunia statistik dan juga paham akan praktik penggunaan Stata.

 

 Para peserta sedang melakukan praktik analisis data kuantitatif menggunakan Stata

 

Pelatihan ini terbuka bagi siapapun. Baik mahasiswa maupun yang sudah bekerja pun turut berpartisipasi aktif mengikuti kursus sehari ini. Menurut salah satu peserta, Amalia dari PPH UAJ, pentingnya belajar penggunaan Stata akan membantu kebutuhan dirinya dalam penelitian yang sedang ia lakukan dan membantu dalam belajar menganalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. (RD)

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom