Atma Jaya
Awards

Gali Pengalaman Berkuliah di Leiden University Medical Center

 

Program student exchange 2019 adalah sebuah program hasil kerja sama antara FKIKUAJ dan Leiden University Medical Center (LUMC). Program ini ditujukan bagi mahasiswa prodi kedokteran tahun kedua yang ingin belajar di luar negeri selama tiga bulan lamanya. Dalam waktu tiga bulan tersebut, mahasiswa dapat belajar mengenai Mechanisms of Disease, Pharmacology, dan English in Medicine. Tahun 2019 ini, sebanyak 16 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIK-UAJ) berkesempatan untuk mengikuti program yang berlangsung untuk satu semester dimulai dari bulan September 2019 sampai dengan awal Desember 2019.

 

LUMC adalah kampus sekaligus rumah sakit yang terletak di kota Leiden, Belanda. Sebagai salah satu universitas tertua dan terbaik di negara tersebut, baik kampus Leiden University di mana fakultas-fakultas lain berada serta LUMC sendiri memiliki sarana dan prasarana yang sangat berkualitas. Di kota Leiden, Leiden University memiliki banyak kampus serta perpustakaan yang terletak di seluruh daerah kota.

 

Program dimulai dengan pendaftaran yang dibuka pada bulan Maret. Pada tahap ini, mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti program student exchange mengumpulkan berkas yang dibutuhkan dan mengajukannya kepada pihak fakultas. Setelah disetujui oleh fakultas, berkas-berkas dilengkapi untuk diajukan kepada LUMC. Tahap yang kedua setelah mahasiswa mendapat konfirmasi dari LUMC adalah pembuatan visa dan residence permit. Tidak seperti pembuatan visa perjalanan, visa studi yang dibutuhkan oleh mahasiswa memiliki alurnya sendiri. Karena masa tinggal yang bisa lebih dari 90 hari, mahasiswa juga diwajibkan untuk memiliki residence permit sebagai izin tinggal di negara Belanda.

 

Sesampainya di kota Leiden, mahasiswa yang baru, baik dari Indonesia maupun Belanda atau negara lainnya yang melanjutkan studi di Leiden University dapat mengikuti program Orientation Week Leiden atau yang disingkat sebagai OWL. OWL adalah program pengenalan kampus sekaligus kota Leiden yang diadakan selama satu minggu. Dalam waktu satu minggu ini mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang difasilitasi dan akan diajak berkeliling kota sekaligus kampus. OWL merupakan salah satu kegiatan yang paling menarik yang bisa dilakukan selama di Leiden. Selain mengenal kota dan kampus, kita juga dapat berkenalan dengan banyak sekali mahasiswa dari berbagai macam latar belakang.

 

Studi di LUMC sendiri memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkenalan dengan mahasiswa lokal, diajar oleh banyak sekali profesor dan dokter, serta berdiskusi membahas berbagai macam hal. Baik mahasiswa dan pengajar di sana sangat ramah terhadap mahasiswa pendatang, sehingga tidak terasa ada batasan dan kita dapat dengan nyaman belajar di sana.

 

Perkuliahan di LUMC difasilitasi dengan sangat baik. Terdapat rekaman materi kuliah serta bahannya yang bisa diakses kapan saja, perpustakaan yang dibuka dari pagi sampai malam, kafeteria dengan berbagai macam makanan tetapi harga terjangkau, dan lain sebagainya. Dengan tiga gedungnya dan staf yang mengurus, akan sangat mudah bagi mahasiswa untuk merasa nyaman di kampus ini.

 

Jika ada waktu kosong seperti seusai ujian dan blok, di akhir pekan kita dapat mengunjungi kota-kota lain di Belanda atau bahkan berkunjung ke negara tetangga. Sehingga bukan hanya belajar dan belajar, kita yang tinggal di sana selama tiga bulan dapat berlibur singkat. Lagi, sebuah pengalaman yang hanya bisa didapat ketika mengikuti program ini.

 

Secara keseluruhan, program student exchange yang diadakan setiap tahunnya membantu mahasiswa untuk memiliki pengalaman-pengalaman unik dan baru. Pengalaman ini bisa menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan di masa preklinik. Diharapkan di tahun-tahun berikutnya lebih banyak mahasiswa mau untuk mencoba hal baru seperti ini dan mendapatkan pengalaman berharga seperti yang telah didapat dari program student exchange di tahun 2019 ini.

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom