Atma Jaya

Home » Unit » Info Unit

Tim IPP

Kata pengantar

 

Dunia saat ini sedang mengalami perubahan besar akibat terjadinya Revolusi Industri Keempat. Digitalisasi dan otomatisasi telah menciptakan kesempatan-kesempatan baru di seluruh dunia. Selain itu, kemajuan dalam bidang analisis big data dan kecerdasan buatan benar-benar akan merombak kehidupan manusia. Namun, pada saat yang sama, fenomena ini juga menjadi tantangan besar bagi masyarakat. Maka dari itu, kebijakan publik saat ini harus dikaji dan dipersiapkan dengan matang untuk menghadapi perubahan ini.

 

Kita membutuhkan penelitian yang mendalam dan berbasis metode ilmiah agar kita dapat merumuskan kebijakan yang tepat sasaran. Maka dari itu, Atma Jaya Institute of Public Policy (AJIPP) dibentuk untuk memenuhi kebutuhan ini. Kami akan menjadi think tank kebijakan untuk pemerintah dan sektor swasta agar kebijakan publik dapat memetik manfaat dari kemajuan teknologi dan juga memastikan agar masalah-masalah yang timbul dapat ditanggulangi.

 

Kami yakin bahwa masa depan umat manusia akan ditentukan oleh kebijakan publik yang rasional. Masalah luar biasa membutuhkan solusi yang luar biasa, dan solusi luar biasa membutuhkan penelitian luar biasa dari otak yang luar biasa pula. Unika Atma Jaya memiliki banyak peneliti yang cakap dengan bidang dan latar belakang yang beraneka ragam. AJIPP akan mengerahkan sumber daya manusia yang paling berbakat untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Meskipun AJIPP terletak di Jakarta Pusat, penelitian kami memiliki orientasi internasional, karena kami sadar bahwa masalah-masalah dari Industri 4.0 memerlukan sudut pandang global. Hal ini sejalan dengan semboyan kami, “be digital, go global, build society”.

 

Agustinus Prasetyantoko, S.E., M.Sc. Ph.D

Rektor Unika Atma Jaya

 

Tim

 

 

Siradj Okta, Ph.D.

Kepala AJIPP

 

 

Siradj Okta memperoleh gelar doktor di bidang hukum transnasional dan kesehatan global dari University of Washington School of Law, Amerika Serikat dengan beasiswa Fulbright. Sebelumnya, ia menyelesaikan program master di bidang hukum hak asasi manusia internasional dan hukum pidana internasional dari Utrecht University School of Law, Belanda. Ia adalah alumni S1 Fakultas Hukum Unika Atma Jaya. siradj.okta@atmajaya.ac.id

 

Edbert Gani Suryahudaya, S.IP., M.Sc.

Peneliti Senior

Gani adalah peneliti di Departemen Politik dan Perubahan Sosial, di CSIS Indonesia. Bergabung dengan CSIS pada tahun 2019. Sebelum bergabung dengan CSIS, Gani terlibat dalam mendirikan Institut Kebijakan Publik Atma Jaya. Saat ini, ia bertindak sebagai penasihat lembaga tersebut. Selain itu, beliau memiliki berbagai pengalaman sebagai analis dan konsultan baik di sektor bisnis maupun publik. Gani lulus dari Universitas Indonesia, meraih gelar sarjana Ilmu Politik, kemudian melanjutkan pendidikannya di London School of Economics and Political Science, di mana ia lulus dan memperoleh gelar MSc dalam Ilmu Politik dan Ekonomi Politik. Dia memiliki perhatian khusus dalam ekonomi politik dan perilaku memilih. Selain itu, ia adalah kolumnis aktif, telah menerbitkan banyak artikel di beberapa platform media nasional terkemuka.

 

Indro Adinugroho, S.Psi., M.Si

Peneliti Senior

Indro Adinugroho saat ini menjabat sebagai dosen dan Kepala Unit Perencanaan & Pengembangan Strategis Unika Atma Jaya. Ia menyelesaikan pendidikan S2 di bidang psikologi sosial di Universitas Indonesia. Indro memiliki ketertarikan yang sangat tinggi di bidang psikologi politik serta peranan faktor-faktor psikologis manusia dalam memengaruhi keputusan politik individu.

 

Andina Dwifatma, S.I.Kom, M.Si

Peneliti Senior

Andina Dwifatma bekerja sebagai dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Ia sempat bekerja selama lima tahun sebagai wartawan di Kompas Gramedia. Andina menyelesaikan pendidikan S2 di bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia. Fokus utamanya adalah pada isu-isu kajian media, jurnalisme, dan media sosial. Ia juga banyak meneliti mengenai bagaimana khalayak berpartisipasi dalam proses demokrasi melalui berbagai platform.

 

 

Salvatore Simarmata, S.Sos., M.A.

Peneliti Senior

Salvatore Simarmata bekerja sebagai dosen di Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya. Ia pernah mengenyam pendidikan S2 dalam bidang Studi Komunikasi di Universitas Gadjah Mada. Saat ini Salvatore sedang menempuh program PhD di Australian National University. Fokus utamanya adalah pada bidang media dan politik, kampanye pemilu, dan jurnalisme. 

 

Arief C Nugraha, S.I.P.

Peneliti

Arief menyelesaikan pendidikan S1 di bidang Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Ia tertarik pada bidang pembangunan daerah, pertanian, ekonomi politik. 

 

 

Ignatius Yordan Nugraha, LLB, LLM

Visiting Research Fellow

 

Ignatius Yordan Nugraha saat ini berperan sebagai fellow di AJIPP. Ia mendapatkan gelar LLM dalam bidang hukum internasional di Universitas Leiden, dan saat ini ia sedang menempuh S3 dalam bidang hak asasi manusia di Universitas Gent, Belgia. Bidang penelitiannya adalah hukum hak asasi manusia internasional dan hukum WTO.

 

Yoes C. Kenawas

Visiting Research Fellow

Yoes sedang mengambil S2 di jurusan sains politik di Universitas Northwestern, Amerika Serikat. Ia tertarik di bidang demokratisasi, desentralisasi, klientelisme, dan politik pendidikan di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Saat ini ia sedang menjalani penelitian di beberapa provinsi di Indonesia. Yoes dapat dihubungi melalui email yoes.kenawas@gmail.com 

 

Siradj Okta, Ph.D.

 

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom