Atma Jaya

Kurikulum PSSK

PROFIL LULUSAN ,CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM

PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN

 

 

Profil Lulusan Program Studi Sarjana Kedokteran

a) Sarjana Kedokteran yang berperan sebagaipengambil keputusan (decision maker), pemimpin masyarakat (community leader), manajer(manager), komunikator (communicator).

b)Sarjana Kedokteran yang berperan dalam kegiatan preventif dan promotif di bidang kedokteran perkotaan, terutama bidang gerontologi dan geriatri, kedokteran adiksi, dan penyakit infeksi.

c)Sarjana Kedokteran yang berperan dalam peningkatan kualitas hidup.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana Kedokteran

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan        Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang kedokteran secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menginternalisasi nilai Kristiani, Unggul, Profesional dan Peduli.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

C. Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu komunikasi dalam bidang kedokteran dengan individu, keluarga, dan masyarakat.
  2. Mampu mengkaji masalah kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.
  3. Mampu mengaplikasikan kewaspadaan standar dalam bidang kedokteran.
  4. Mampu mengkaji sumber daya manusia dan sarana–prasarana secara efektif dan efisien dalam bidang kesehatan/kedokteran.
  5. Mampu mengaplikasikan kegiatan promotif dan preventif kepada individu, keluarga dan masyarakat terutama pada masalah kesehatan perkotaan.
  6. Mampu mengaplikasikan kegiatan promotif dan preventif kepada individu, keluarga dan masyarakat dalam bidang gerontologi dan geriatri, kedokteran adiksi, dan penyakit infeksi.
  7. Mampu mengaplikasikan ilmu dan teknologi biomedik, patofisiologi, dan ilmu kesehatan masyarakat untuk memecahkan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat.
  8. Mampu mengaplikasikan keterampilan medik dasar dalam situasi simulasi dan terbimbing.
  9. Mampu mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kedokteran berdasarkan evidence based medicine dan value based medicine.
  10. Mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menganalisis epidemiologi kejadian penyakit.

 

D. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep komunikasi dalam bidang kedokteran dengan individu, keluarga dan masyarakat
  2. Menguasai konsep teoritis ilmu dan teknologi biomedik, klinik, ilmu perilaku, ilmu komunikasi serta ilmu kesehatan masyarakat untuk memecahkan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Menguasai konsep teoritis fisiologi tubuh.
  4. Menguasai konsep teoritis patogenesis dan patofisiologi penyakit.
  5. Menguasai konsep teoritis promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif terhadap masalah-masalah kesehatan secara holistik.
  6. Menguasai konsep teoritis epidemiologi dan sistem kesehatan nasional.
  7. Menguasai konsep teoritis aspek medikolegal dalam praktik kedokteran dalam masyarakat Indonesia dengan budaya yang aneka ragam.
  8. Menguasai konsep teoritis dalam bidang kesehatan khususnya dalam bidang kesehatan perkotaan, gerontologi dan geriatrik, kedokteran adiksi dan penyakit infeksi.

 

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN

 

Smt

No.

Kode

Blok

Sks

 

Smt

No.

Kode

Blok

Sks

I

1.

2.

3.

4.

 

MEC 101

MEC 102

MEC 103

MEC 104

Pengetahuan Dasar Kedokteran

Ilmu Biomedik Dasar 1

Ilmu Biomedik Dasar 2

Ilmu Biomedik Dasar 3

 

3

5

5

5

 

 

II

1.

2.

3.

4.

 

MEC 105

MEC 106

MEC 107

MEC 109

Ilmu Biomedik Dasar 4

Ilmu Biomedik Dasar 5

Ilmu Biomedik Dasar 6

Humaniora

 

5

5

6

4

 

Jumlah

18

 

Jumlah

20

III

1.

 

2.

3.

4.

MEC 108

 

MEC 201

MEC 202

MEC 203

 

Pertumbuhan, Perkembangan, dan Penuaan Alamiah

Konsep Patologi 1

Konsep Patologi 2

Konsep Patologi 3

3

 

6

5

6

 

 

IV

1.

2.

3.

4.

 

MEC 204

MEC 205

MEC 206

MEC 207

 

Metodologi Penelitian

Hematologi

Sistem Respirasi

Sistem Kardiovaskuler

 

5

6

6

6

 

Jumlah

20

 

Jumlah

23

V

1.

2.

3.

4.

 

MEC 301

MEC 302

MEC 303

MEC 208

 

Sistem Gastrointestinal

Sistem Neuromuskuloskeletal

Kesehatan Mental dan Perilaku

Proposal penelitian

 

6

6

6

1

 

 

VI

1.

 

2.

3.

4.

 

 

MEC 305

 

MEC 306

MEC 307

MEC 308

 

Sistem Endokrin dan Metabolisme

Sistem Traktus Urinarius

Sistem Reproduksi

Organ Indera

 

4

 

5

6

6

 

Jumlah

19

 

Jumlah

21

VII

 

1.

2.

3.

 

4.

5.

6.

7.

 

8.

9.

 

MEP 421

MEP 422

MEP 423

 

MEP 424

MLP 601

MEC 401

MEC 402

MEC 403

 

MEC 304

Perawatan Paliatif *

Kedokteran Adiksi*

Kewirausahaan di Bidang Kesehatan*

Ilmu Pendidikan Kedokteran*

Neurogeriatri dan Demensia

Kedaruratan Medik

Medikolegal

Kedokteran Pencegahan dan Komunitas

Karya Tulis Ilmiah

5

5

5

 

5

5

6

5

4

 

3

 

 

Jumlah Beban Studi Program Studi : 144 SKS

 

Jumlah

23

 

 

 

*) Blok Elektif dimana mahasiswa dapat memilih 1 dari 5 blok yang disediakan