Atma Jaya

Home » Fakultas » Info Fakultas

Profil Program Studi Profesi Dokter

PROFIL PRODI PROFESI DOKTER

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) memiliki 3 kampus utama yaitu, kampus Semanggi, kampus BSD dan kampus Pluit. Kampus Pluit direncanakan sebagai Atma Jaya Center for Health Development (AJCHeD) yang memiliki 5 pilar utama, yaitu layanan kesehatan perorangan; pilar layanan kesehatan masyarakat dan komunitas; serta pilar pendidikan dan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan.

 

Prodi Profesi Dokter merupakan program studi kelanjutan dari program studi sarjana kedokteran bagi mahasiswa kedokteran yang ingin berprofesi sebagai seorang dokter atau sebagai klinisi. Pada tahap pendidikan profesi dokter, atau disebut juga kepaniteraan klinik, mahasiswa belajar langsung di wahana pendidikan yaitu di rumah sakit pendidikan dan Puskesmas di bawah pengawasan dokter spesialis sesuai bidang keilmuannya.

 

 

VISI

“ Menjadi Program Studi Kedokteran yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional dalam bidang ilmu kedokteran perkotaan terutama bidang gerantologi dan geriatrik, kedokteran adiksi dan penyakit infeksi yang unggul di tingkat nasional pada tahun 2027,  dengan dilandasi nilai Kristiani dan budaya Indonesia”

 

 

AKTIVITAS UNGGULAN

  • Interprofessional Health Education (IPHE), mahasiswa prodi profesi dokter akan berinteraksi langsung dengan pasien dan tenaga kesehatan lainnya sejak awal masuk kepaniteraan klinik.
  • Kepaniteraan klinik berlangsung di beberapa rumah sakit Pendidikan, yaitu RS Pendidikan utama dan RS jejaring diantaranya RS Khusus seperti RS Kusta Sitanala dan RS Ketergantungan Obat, serta Puskesmas.

 

LAMA PENDIDIKAN

Program Studi Profesi Dokter akan ditempuh selama kurang lebih 4 semester dengan beban studi minimum 54 SKS.

 

GELAR LULUSAN

Peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan di Program Studi Profesi Dokter akan menyandang gelar “dokter” (dr.).

 

PROSPEK KERJA

  1. Tenaga kesehatan yang bekerja secara professional di rumah sakit atau puskesmas.
  2. Staf pengajar atau dosen di bidang kedokteran dan kesehatan.
  3. Peneliti sesuai dengan peminatan khusus di bidang kedokteran dan kesehatan.

 

Struktur Organisasi

Ketua Program Studi: Dr. dr. Poppy Kristina Sasmita, Sp.S, M.Kes.

Sekertaris Program Studi: dr. Irene Stephanie, M.M., Sp.B

Kabag Administrasi Akademik: Yuliana Ninik Ratnawati, S.Sos