Atma Jaya

Home » Fakultas » Info Fakultas

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

 

Menjadi program studi magister psikologi yang memiliki keunggulan dalam pengembangan ilmu psikologi dengan berorientasi pada dinamika temu budaya dalam masyarakat Indonesia, serta peduli dan mengedepankan etika dalam mewujudkan peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia yang terus berubah.

 

Misi

 

  1. Mengembangkan pendidikan dalam ranah keilmuan psikologi dengan pendekatan multidisiplin yang sesuai dengan tuntutan era globalisasi namun tetap memperhatikan keberagaman masyarakat Indonesia dalam konteks nasional dan regional;
  2. Melakukan penelitian dasar dan lanjutan untuk mengembangkan Ilmu psikologi secara umum, khususnya dalam bidang temu budaya dan sosial kesehatan, terutama yang sesuai dengan konteks sosial budaya masyarakat Indonesia.
  3. Mendarmabaktikan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan resiliensi sosial psikologis masyarakat Indonesia yang beragam.
  4. Mengelola program studi Magister Psikologi Unika Atma Jaya dengan mengutamakan efektivitas dan efisiensi, sehingga tercipta suasana akademik yang mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan nilai-nilai Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai pendekatan temu budaya dan isu-isu kesehatan sosial dalam konteks sosial budaya di mana individu, kelompok dan komunitas berada.
  2. Menghasilkan lulusan ilmuwan psikologi yang mampu melakukan penelitian secara ilmiah tanpa mengabaikan nilai-nilai sosial budaya yang berlaku di masyarakat setempat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan keilmuwan psikologi dengan pendekatan multidisiplin yang memperhatikan ciri-ciri dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang beragam, khususnya pada kelompok marjinal.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan sikap profesional dan etis sesuai dengan situasi dan lingkungan sosial budaya dimana individu, kelompok, dan komunitas berada.
  5. Menghasilkan lulusan ilmuwan psikologi yang mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan tuntutan global.
  6. Menghasilkan karya ilmia dan penelitian sosial kesehatan dan temu budaya yang dipublikasikan dengan menunjukkan kepedulian terhadap kepentingan kelompok partisipan dan masyarakat pada umumnya.
  7. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan kepedulian dan kepentingan kebutuhan kelompok masyarakat setempat.
  8. Mengembangkan program studi yang kualitas pengelolaannya kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil.
  9. Mengembangan SDM yang unggul dan adaptif terhadap keberagaman latar belakang mahasiswa serta profesional dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

 

 

Sasaran Magister Psikologi

  1. Menyelenggarakan program studi guna mencapai akreditasi minimal baik sekali di tahun 2023 sehingga dapat menjadi salah satu pilihan di antara perguruan tinggi swasta sebagai tempat studi Magister Psikologi, melalui : a) Mengikuti strategi universitas dengan melaksanakan ketentuan dan tata kelola administrasi sesuai arahan LPM, b) Melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan mutu, berupa upaya peningkatan jumlah mahasiswa lulus tepat waktu, upaya mendorong publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen, serta sosialisasi dan penerapan isu etis dan profesionalitas di bidang akademik.
  2. Melakukan revisi dan menerapkan kurikulum sesuai dengan arahan HIMPST, AP2TPI, DIKTI, dan arah pengembangan yang dimiliki UAJ dengan pengayaan keilmuan di bidang Psikologi sehingga dapat menjadi salah satu pilihan tempat menuntut ilmu di Indonesia, melalui: a) Melibatkan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan masukan yang relevan dalam proses revisi kurikulum, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, dan pihak terkait lainnya, b) Melakukan sosialisasi kurikulum baru secara sistematis dan menyeluruh, khususnya kepada dosen, agar penerapan kurikulum baru dapat dilakukan secara efektif
  3. Memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar, melalui: a) Menggunakan rnetode pembelajaran digital dalam setidaknya 10% perkuliahan
  4. Bekerja sama dengan institusi di dalam dan luar negeri pada bidang temu budaya dan sosial kesehatan untuk memberi kesempatan pengembangan keilmuan bagi dosen dan mahasiswa, melalui: a) Mengundang narasumber terkait bidang temu budaya dan sosial kesehatan untuk memberikan kuliah atau seminar ilmiah setidaknya satu kali dalam satu tahun
  5. Mendorong integrasi tri darma perguruan tinggi pada setidaknya 10% dari mata kuliah yang ada dengan berbagai metode, melalui: a) Menggunakan hasil penelitian atau pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari materi kuliah
  6. Meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melalui: a) Mendorong kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi di dalam dan luar negeri, yang di dalamnya melibatkan dosen dan mahasiswa
  7. Meningkatkan publikasi hasil penelitian, melalui: a) Mendorong publikasi dosen bersama mahasiswa minimal 10% dari jumlah mahasiswa yang lulus tesis tahun sebelumnya, b) Memberikan pembekalan tesis yang sistematis untuk meningkatkan kesempatan mahasiswa mampu menghasilkan tesis dengan mutu yang dapat dipublikasikan

 

Latar Belakang

 

Tujuan dari program studi ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi peneliti dan akademisi profesional yang memiliki kapasitas untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia yang memiliki keberagaman budaya dan etnis melalui pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan serta kesehatan hidup warga, komunitas, dan penduduk, utamanya di daerah yang mengalami kemiskinan ekonomi, kebutaaksaraan, dan ketidakadilan sosial.

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30  
bottom